Yang tepat), membuat draft, menulis teks untuk (menggunakan tata bahasa, tanda baca, ejaan dan Teks tertentu atau E-Mail yang interaktif, Prosedur, menulis surat pribadi yang melibatkan jenis Narrative/deskriptif/recount/anekdot/laporan dan Kartu ucapan, menulis teks-teks berbentuk Menulis pesan/pengumuman singkat dan sederhana/
Mengkritik, menyalahkan, menuduh, mengakui Mengabulkan, menolak permohonan, mengelak, Memerintah, menasehati, memperingatkan, membujuk, Terkejut, embarrassment, pain, relief, fear, annoyance, Memuji dan memberi selamat, menunjukkan perhatian, Ungkapan terima kasih dan pujian dan ucapan selamat, Janji, menyampaikan undangan/tawaran, membalas Menyuruh/mengajak, menerima janji dan pembatalan Menerima barang/jasa, berkenalan, bertemu, berpisah, Transaksional dan Interpersonal ringan seperti :.Merespon berbagai tindak tutur di dalam wacana Guru, dan reaksi spontan) dan atau monolog (misalnya: perkenalan, jual beli, instruksi Standar Kompetensi Lulusan Ruang Lingkup Materi Writing Bahasa : Merespon teks dengan melakukan rekreasi imajinatifĭEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 2 * Perbedaan ujian praktik IPA, IPS, dan Bahasa terletak pada : * Ujian tertulis (paper and pencil) yang berupa pilihan ganda (Listening dan Reading) untuk jurusan Ujian “reading” meliputi isi teks, langkah-langkah retorika, Materi yang diujikan digunakan untuk mengukur ketercapaian standar kompetensi lulusan meliputi Materi yang diujikan dimaksudkan untuk mengukur ketercapaian Standar Kompetensi Lulusan.Ĥ. Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris, dan Standar Kompetensi Lulusan.ģ. Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian nasional adalah kurikulum 2004, Standar SMA/MA berupa tes tertulis dengan bentuk soal pilihan ganda.Ģ. Lain yang telah menggunakan kurikulum 2004 secara mandiri, bentuk tes bahasa Inggris tingkat Pada ujian nasional tahun pelajaran 2004/2005 untuk sekolah piloting kurikulum 2004 dan sekolah
18ĭEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG 1ġ.
Nasional dan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2004/2005.ĭEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG ii Semoga panduan ini digunakan sebagai acuan oleh semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan Ujian Terkait dalam menghadapi Ujian Nasional dan Ujian Sekolah/Madrasah. Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, serta sebagai informasi dan acuan bagi peserta didik, guru, dan pihak-pihak Panduan ini dimaksudkan sebagai pedoman bagi sekolah/madrasah dalam mempersiapkan penyelenggaraan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan Ruang Lingkup Materi Panduan materi untuk setiap mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional dan Ujian Sekolah. Sekolah/Madrasah Tahun Pelajaran 2004/2005, Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas menyiapkan ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikanĭalam rangka sosialisasi kebijakan dan persiapan penyelenggaraan Ujian Nasional dan Ujian Panduan Materi Bahasa Inggris SMA/MA (IPA/IPS/Bahasa) – Kurikulum 2004ĭEPDIKNAS ©Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG i